Ciri Ciri Ayam Birma Super Yang Harus Diketahui

Pada arikel tentang sabung ayam ini, kami akan memberikan informasi tentang ciri ciri Ayam Birma Super yang harus diketahui oleh penggemar ayam aduan. Sesuai dengan namanya yakni Ayam Birma/Burma merupakan ayam aduan yang berasal dari Birma, Myanmar. Dinegara asalnya ayam ini dikenal dengan nama Ki Pama yang dalam bahasa indonesia berarti ayam Pama. bagi penggemar ayam aduan tentunya sudah mengetahui keunggulan ayam ini yakni memiliki tipikal dan gaya bertarung yang khas. Dimana ayam ini sangat gesit dan cepat saat bertarung dengan lawannya.

Ada beberapa jenis ayam birma yang tersebar di dunia, baik yang asli maupun ayam birma hasil persilangan. Ayam birma campuran (silangan) mempunyai ciri fisik yang hampir mirip dengan ayam birma asli. Untuk membedakan ayam birma asli atau campuran dapat dilihat dari fisik serta gaya bertarungnya. Pada dasarnya Ayam Birma ini memiliki ukuran badan yang realtif kecil dibandingkan dengan ayam aduan lainnya. Yakni berkisar antara 2 sampai 2.5 kg saja.

Bentuk wajah ayam ini terlihat tajam , paruh pendek bergaris dan kuat. Bentuk telinga lebih besar dan paruh lebih kecil bila dibandingkan dengan ayam Bangkok. Ada beberapa jenis yang kelihatan seperti mempunyai jenggot tipis dibawah paruhnya. Jengger yang tegap dan menghadap ke atas layaknya sebuah mahkota serta telinga dan kepel terlihat menggelambir dan sangat mencolok. Bentuk kepala juga lebih kecil jika dibandingakan dengan ayam aduan lainnya seperti ayam bangkok.

Ayam Birma Super

Ayam birma juga memiliki tulangan yang relatif tipis dan hal itu berbeda dengan tulangan yang di miliki oleh ayam aduan lainnya seperti halnya ayam bangkok maupun saigon keduanya memiliki tulangan yang tebal dan kuat. Namun di balik tulangan yang tipis dan ringan tersebut ayam mempunyai pukulan cepat dan berakurat. Hal itu tentunya membingungkan sekali karena tulangan dalam peraduan ayam merupakan aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh ayam seekor ayam aduan karena pertahanan, kekokohan dan ketangguhan ayam aduan terletak pada tulangan ayam yang di milikinya.

Bentuk kaki juga lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam aduan lain. Jika ayam bangkok memiliki jari-jari kaki yang panjang lantas berbeda pula dengan ayam birma, ayam birma memiliki jari kaki yang kecil dan agak pendek. Untuk menyamakan kaki ayam birma lebih mirip dengan ayam lokal indonesia atau ayam kampung. Kemudian untuk menukur kualitas ayam birma juga masih sama dengan ayam bangkok yaitu menggunakan primbon atau katurangan sisik.

Ayam birma lebih dominan menyerang dan memukul dengan gerakan maju-mundur. Ayam birma juga memiliki gerakan yang cukup lincah dan gesit hal ini di akibatkan oleh postur bentuk badan yang relatif kecil. Maka dari itu,hampir semua ayam birma bisa di pastikan memiliki gerakan Lincah dan dominan menyerang untuk memukul lawan tanding. Kelebihan lain dari ayam birma mengenai masalah pukulan yang cukup tajam, keras, terarah dan mampu membuat lawan tarung meringkik kesakitan. Untuk kekurangan ayam birma sendiri dalam hal masalah nafas yang sering drop atau tekor akibat gaya bertarung yang tergolong agresif.

Powered By:

Agen S1288
Agen Sv388
Agen Judi Online
Agen Sabung Ayam

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *