Mengenal Penyakit Berak Hijau Serta Cara Mengobati Pada Ayam Bangkok

Pada artikel ini kami agen S1288 akan memberikan informasi tentang penyakit berak hijau pada ayam bangkok serta bagaimana cara mengobatinya. Penyakit ini juga sangat berbahaya selain untuk ayam yang terserang juga mengakibatkan penularan pada ayam lainnya. Jadi jenis penyakit ini harus ditangani dengan baik dan benar sehingga penyakit ini tidak mengakibatkan kerugian bagi anda penggemar sabung ayam ini.

Berak hijau merupakan penyakit yang bisa menyerang ayam bangkok saat musim penghujan hal ini sangat menakutkan sekali bagi peternak ayam bangkok karena penyakit ini sanagat membahayakan sekali untuk ayam bangkok. Penyakit ini biasa orang sebut dengan kolera dan disebabkan oleh bakter pasteurella multocida. Lingkungan yang lembab bisa saja ayam anda bisa terkena bakteri tersebut karena situasi atau kondisi yang lembab bakteri akan bisa saja berkembang biak dengan cepat. Bisa juga kandang ayam bangkok anda sangat kotor tidak ada kebersihan menjadikan bakteri cepat berkembang dan akhirnya menyerang ayam bangkok anda.

Penyakit Berak Hijau Ayam Bangkok

Sistem penularan penyakit horizontal, dari ayam sakit kea yam sehat, lewat tempat pakan dan minum, bisa juga karena perpindahan tempat pekerja dari kandang yang terkontaminasi penyakit ke kandang sehat atau dari hewan pengerat tikus, burung dan ayam sakit yang keluar kandang. Hewan yang sembuh dari penyakit kolera membawa sifat Carrier, ayam sakit harus di karantina. Bagi teman teman penetas telur, indukan yang terjangkit penyakit kolera tidak boleh lagi di jadikan bibit indukan.

Upaya pencegahan merupakan hal utama antara lain dengan menjaga sanitasi kandang, memisahkan antara ayam yang sakit memberikan pakan yang yang baik. Jika ayam yang terinfeksi mengalami kematian, lebih baik ayam tersebut dibakar agar bakteri tersebut ikut mati dan tidak menular ke ayam yang lain. Penyakit ini mampu menyerang ayam disemua usia, bahkan telur yang dihasilkan dari indukan yang terkena virus ini ikut terjangkit juga, sehingga anakan yang baru menetas dapat tertular oleh virus ini. Penyakit ini menyerang pada sistem pencernaan dan juga pernafasan adapun penularan penyakit ini bisa melalui kontak langsung, makanan ataupun tempat makanan dan kandang.

Ciri Ciri Ayam Terkena Penyakit Berak Hijau

  1. Kotoran ayam berwarna hijau.
  2. Fisik ayam lemas, sulit berdiri akibat kekurangan tenaga.
  3. Pada bagian jengger mengalami perubahan warna menjadi hitam agak kecoklatan.
  4. Sulit makan akibat nafsu yang menurun drastis.
  5. Selalu mengeluarkan lendir baik dari dubur maupun dari mulutnya.
  6. Jika penyakit sudah parah, bagian muka akan mengalami pembengkaan merah kebiruan.

Cara Mengobati Ayam Yang terkena Penyakit Berak Hijau

  • Pisahkan ayam dengan cara di karantina.
  • Semprot kandang menggunakan cairan antiseptik berupa dektan.
  • Berikan jamu atau suplemen yang bisa kita campur dengan pakanya atau tempat minum.
  • Berikan obat yang bernama Biomex yang bisa anda beli di apotik atau toko unggas di daerah anda dosis pemakaian ikuti sesuai dalam kemasan wadah.
  • Ayam yang terkena penyakit tersebut dapat disuntik dengan menggunakan Medoxy-l sesuai dosisnya dan penyuntikan di ulangi dalam selang tiga hari.
  • Berikanlah makanan nasi atau makanan yang mudah dicerna ayam yang tidak gampang busuk,
  • Hindari pemberian makanan yang berasal dari foer atau bekatul karena makanan tersebut mudah busuk dalam tembolok ayam yang akan memperparah kondisi ayam itu sendiri.

Cara pengobatan diatas merupakan obat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan ayam yang terkena penyakit berak hijau. Selain obat suntik seperti diatas juga ada jenis obat antibiotik yang juga biasa digunakan oleh peternak ayam, antara lain coccilin, furozolidon, noxal, ampisol dan lain-lain.

Demikianlah informasi dari kami tentang penyakit berak hijau pada ayam bangkok serta bagaimana cara mengobatinya. Semoga dapat memberikan anda pengetahuan dan jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penulisan, harap sisipkan komentar dibagian bawah artikel ini. Terima kasih.

Powered By : Agen S128

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *