Mengobati Mata Ayam Berair dan Berbusa Dengan Benar

Mengenali Penyakit Mata Pada Ayam

Mata ayam aduan yang berair dan berbusa dikarena adanya gangguan pada mata ayam sehingga mata ayam tersebut memproduksi cairan yang berlebihan. Penyebab penyakit seperti ini dikarenakan berbagai faktor seperti infeksi bakteri maupun virus, masuknya benda atau sesutu ke dalam mata(kelilipen), cacing dan lain lain. Pada ayam aduan penyebab utamanya bisa terjadi karena terkena pukulan lawan saat bertarung sehingga menyebabkan luka pada mata ayam tersebut.

Jenis penyakit mata barair dan berbusa ini juga bisa menyebar atau menular pada ayam aduan lainnya. Jadi dalam hal ini ayam yang sudah terkena penyakit seperti ini harus mendapatkan perawtan dan tindakan khusus agar tidak menular pada ayam lainnya. Khusus untuk ayam yang sudah terkena penyakit ini, sebisa mungkin dipidahkan dari ayam ayam lainnya dengan menyediakan kandang khusus yang letaknya agak jauh dari kandang ayam lainnya.

Penyakit Mata Ayam

Mata Ayam Berair Dan Berbusa

Cara Mengobati Penyakit Mata Ayam Berair dan Berbusa

Menurut beberapa pakar ayam, pemberian daun kelor jika ditumbuk halus bila dioleskan pada luka ayam dapat mempercepat proses penyembuhan. Bisa juga menggunakan getah ubi rambat. penelitian membuktikan tanaman kelor mengandung zat antibiotik sebagai zat pencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan. Cara pemberian obat ayam aduan jika menggunakan daun kelor adalah dengan memanfaatkan getah daun berwarna putih bening pada tangkai daun.

Teteskan getah pada bagian mata ayam dengan dosis 1-2 tetes. Penanganan cepat dilakukan dengan tidak lebih dari satu hari, atau setelah terkena jalu ayam lawan. Segeralah teteskan getah tanaman kelor, kemudian mata ayam ditutup dengan plester selama satu hari penuh. Jika dirasa masih bengkak, pada hari berikut penetesan dan penutupan dapat dilakukan. Sedangkan menggunakan getah ubi rambat, tata cara pemberian hampir sama. Hanya sebelum obat diberikan, pembersihan luka pada bagian mata ayam dilakukan terlebih dulu.

Jika gejala yang ditemukan pada mata si ayam belum parah, Anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk manusia seperti Lotte dan sejenisnya sebagai media pengobatan. Teteskan 2-3 tetes hingga meresap setiap pagi dan sore hingga mata si ayam kembali bening. Akan tetapi,jika penyakit mata ayam bangkok sudah terlanjur parah,bisa membelikan obat kusus ayam mata untuk hewan eye Chick yang bisa anda beli kusus di toko unggas atau di apotik gerdekat daerah juragan..semoga berguna dan membantu.

Tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *